Minggu, 20 Mei 2012

TUGAS UAS GENAP TA 2011-2012 UNSERA

KETENTUAN PEMBUATAN GAME INTERACTIVE SEDERHANA
TUGAS UAS SEMSETER GENAP

Mata Kuliah : MULTIMEDIA AUTHORING

Kelas : TI-PEMROGRAMAN /VI / B

11. Jenis Game yang dipilih mengacu sesuai dengan salah satu jenis game yang tercantum pada materi jenis game di halaman berikutnya.
22. Penggunaan Gambar, Sound, dan teks, disesuaikan dengan jenis game yang di pilih dan kreatifitas masing – masing
33. Tuliskan Story Board, sesuai dengan bentuk table berikut ;

Judul Game

  Jenis Game

System Kendali

Karakter Utama

Background Setting


Sistem Permainan





44. DIKUMPULKAN pada saat Semester; dalam bentuk ;
a.   Print Out, Story Board
b.   Burning Game kedalam CD/DVD (Cantumkan Identitas pembuat)



Jenis Game

S
aat ini sangat banyak kita temukan game, baik itu game PC, game console (seperti PS, XBOX, PSP, Nintendo DS), game HP (mobile game) dan game flash. Dari banyaknya game yang ada, berdasarkan gameplaynya (cara memainkannya), game dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis ;

1.  Board game
Board game atau dapat kita istilahkan sebagai “permainan papan”. Pada jenis game ini, pemain diberikan sebuah tampilan yang berisi tentang masalah untuk diselesaikan. Contoh dari game ini antara lain: Pipe dream, Hangaroo, Rotation, Catur, permainan kartu dan sebagainya

2. Arcade
Game bertipe arcade merupakan game yang menguci kecepatan tangan dari pemainnya. Pada permainan bertipe arcade, semakin tinggi level permainan, permainan akan berjalan semain cepat. Contoh dari game bertipe arcade adalah : zuma, feeding frenzy, Pacman, Arcanoid, Pong, Baba ball dan sebagainya.

3. Action
Berbeda dengan game bertipe aarcade, game bertipe action menjadikan pemain mengendalikan karakter utama dalam game tersebut untuk melakukan beberapa kegiatan (action) seperti melompat, menembak dan sebagainya. Contoh dari game bertipe action antara lain : super mario, mocil, petualangan paddle pop, alloy tease exile dan  sebagainya.

4. Shooting
Game bertipe shooting sebagian besar menggunakan mouse sebagai alat pengendalinya. Pada game ini pemain seolah-olah berperan sebagai penembak (first person) atau pemain mengendalikan seorang penembak (third person). Contoh game bertipe shooting antara lain : Duck hunt, Counter Strike, Onimusha dan sebagainya.

5. Fighting
Game bertipe fighting pada dasarnya sama dengan game bertipe action, hanya saja game bertipe fighting pemain mengendalikan sebuah karakter untuk berkelahi dengan karakter lain sampai salah satu karakter kalah. Contoh dari game bertipe fighting antara lain : street fighter, tekken, duel, pencak silat dan sebagainya.

6. Racing
Game betipe racing pada dasarnya adalah sebuah permainan menggerakkan kamera. Pemain diberikan sebuah kendaraan atau sejenisnya untuk menempuh rute tertentu. Contoh dari game bertipe racing antara lain : NFS, Auto bahn, MotoGP, Formula 1 dan sebagainya.



7. Simulation
Game bertipe simulasi adalah sebuah game yang mensimulasikan suatu kegiatan yang sesungguhnya. Contoh dari game bertipe simulasi antara lain : tycoon, simulator pesawat, burger empire dan sebagainya.

8. Real Time Strategi
Game bertipe RTS memposisikan pemain sebagai seorang pemimpin yang mengatur sesuatu (bisa berupa pasukan, koloni, kerajaan dan sebagainya). Contoh dari game bertipe RTS antara lain: war commander, empire earth, romance of the three kingdom dan sebagainya.

9. Role Playing Game
Pada game bertipe RPG pemain memerankan sebuah karakter dalam game. Berbeda dengan game bertipe action, pada game RPG hal yang diutamakan adalah cerita dalam game. Selain itu didalam game bertipe RPG biasanya terdapat sub game dengan tipe lain (seperti bertipe fighting, action atau RTS). Contoh game bertipe RPG antara lain : BOBO games, Zelda, Megaman, Final Fantasy dan sebagainya.

10. MMO
MMO (Masive Multiplayer Online), merupakan game yang dapat dimainkan secara bersama-sama pada internet browser. Hal yang diutamakan dalam sebuah game bertipe MMO adalah kebersamaan dengan pemain lain. Contoh game bertipe MMO antara lain : ragnarok, pangya, gun bound, seal dan sebagainya. Game flash bertipe MMO masih sangat sedikit-hal tersebut dikarenakan untuk membuat game flash MMO diperlukan software lain (server side software) seperti PHP, CGI, Fire Fox, dan sebagainya. Contoh dari game flash bertipe MMO antara lain : Dofus dan battle-on.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar